Komputer dan Perkembangannya




Pengertian Komputer


 Sebelumnya apakah kamu tau apa itu Komputer? Apakah Komputer itu adalah alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia? Kalau memang seperti itu berarti Cangkul termasuk Komputer? Karena cangkul juga mempermudah pekerjaan manusia.

 Sebenarnya bukan itu, pengertian Komputer itu adalah adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.


 Kita membahas ini agar kita menjadi lebih tau akan apa itu Komputer dan bagaimana perkembangaannya dari generasi ke generasi. Juga menambah wawasan kita dalam bidang Komputer.

Generasi Komputer

 Komputer di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.


1. Komputer Generasi Pertama 1940 - 1956 (Vacuum Tubes)

 Komputer pertama yang digunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk memori, dan sering sangat besar, mengambil seluruh kamar. Sebuah magnetik drum, Juga Disebut sebagai drum, adalah silinder logam yang dilapisi dengan bahan besi-oksida magnetik di mana data dan program dapat disimpan. drum magnetik sekali menggunakan das perangkat penyimpanan utama tetapi telah diimplementasikan sebagai perangkat penyimpanan tambahan.

Trek pada drum magnetik ditugaskan untuk saluran yang terletak di sekitar lingkar drum, membentuk band melingkar yang berdekatan yang angin sekitar drum. Sebuah drum yang tunggal dapat memiliki hingga 200 lagu. Sebagai drum berputar pada kecepatan hingga 3.000 rpm, membaca / menulis kepala deposit perangkat magnet bintik-bintik pada drum selama operasi menulis dan Ulasan rasa tempat ini selama operasi read. Tindakan ini mirip dengan tape magnetik atau disk drive.

Mereka sangat mahal untuk mengoperasikan dan selain menggunakan banyak listrik, menghasilkan banyak panas, yang sering menyebabkan malfungsi. komputer generasi pertama mengandalkan bahasa mesin untuk melakukan operasi, dan mereka hanya bisa memecahkan satu masalah pada satu waktu. Mesin bahasa adalah satu-satunya bahasa yang dimengerti oleh komputer. Sementara Mudah dimengerti oleh komputer, bahasa mesin yang hampir tidak mungkin bagi manusia untuk menggunakan Karena mereka Terdiri seluruhnya dari nomor. Programmer komputer, oleh karena itu, menggunakan bahasa pemrograman baik tingkat tinggi atau bahasa pemrograman assembly. Perakitan mengandung bahasa yang sama sebagai instruksi bahasa mesin, tetapi petunjuk dan variabel memiliki nama bukannya hanya nomor.

Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi diterjemahkan kembali ke dalam bahasa assembly atau bahasa mesin oleh sebuah compiler. Program bahasa assembly diterjemahkan kembali ke dalam bahasa mesin oleh sebuah program yang disebut assembler (assembly compiler bahasa).

Setiap CPU memiliki bahasa mesin yang unik. Program harus ditulis ulang atau dikompilasi ulang, karena itu, untuk berjalan pada berbagai jenis komputer. Masukan didasarkan onpunch kartu dan kaset kertas, dan output yang ditampilkan pada cetakan. 
UNIVAC dan ENIAC komputer adalah contoh dari perangkat komputasi generasi pertama. UNIVAC adalah komputer komersial pertama dikirim ke klien bisnis, AS Biro Sensus pada tahun 1951.

Singkatan untuk Electronic Numerical Integrator Dan Komputer, pertama operasional komputer digital elektronik dunia, yang dikembangkan oleh Angkatan Darat Ordnance untuk menghitung Perang Dunia II tabel balistik tembak. ENIAC, berat 30 ton, menggunakan 200 kilowatt tenaga listrik dan terdiri dari 18.000 tabung vakum, 1.500 relay, dan ratusan ribu resistor, kapasitor, dan induktor, selesai pada 1945. Selain balistik, lapangan ENIAC aplikasi prediksi cuaca disertakan, perhitungan atom-energi, studi kosmik-ray, pengapian termal, studi acak-nomor, desain terowongan angin, dan penggunaan ilmiah lainnya. ENIAC segera menjadi usang seperti kebutuhan yang muncul untuk kecepatan komputasi lebih cepat. Berikut Karakteristik komputer Generasi I secara umum.

1) Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa.
2) Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
3) Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
4) Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
5) Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
6) Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
7) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas.
8) Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
9) Prosesnya kurang cepat.
10) Daya simpannya kecil.
11) Membutuhkan daya listrik yang besar.
Beberapa komputer yang termasuk komputer generasi pertama adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan lain sebagainya.

 2. Generasi Kedua 1956 - 1963 (Transistor)


 Transistor menggantikan tabung vakum dan mengantar komputer generasi kedua. Transistor adalah perangkat terdiri dari bahan semikonduktor yang menguatkan sinyal atau membuka atau menutup sebuah sirkuit. Diciptakan pada tahun 1947 di Bell Labs, transistor telah menjadi bahan utama dari semua sirkuit digital, termasuk komputer. mikroprosesor terbaru hari ini berisi puluhan juta transistor mikroskopis.

Sebelum penemuan transistor, rangkaian digital yang terdiri dari tabung vakum, yang memiliki banyak kelemahan. Mereka jauh lebih besar, diperlukan lebih banyak energi, hilang lebih panas, dan lebih rentan terhadap kegagalan. Ini aman untuk mengatakan bahwa tanpa penemuan transistor, komputasi seperti yang kita kenal sekarang tidak akan mungkin.

Transistor ditemukan pada tahun 1947, tetapi tidak melihat secara luas di komputer sampai akhir 50-an. transistor jauh lebih unggul tabung vakum, yang memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih murah, lebih hemat energi dan lebih handal dari pendahulunya generasi pertama mereka. Meskipun transistor masih menghasilkan banyak panas yang dikenakan komputer untuk merusak, itu adalah kemajuan besar dibanding tabung vakum. komputer generasi kedua masih mengandalkan kartu menekan untuk input dan hasil cetak untuk output.

komputer generasi kedua pindah dari samar bahasa biner mesin untuk simbolik, atau perakitan, bahasa, yang memungkinkan programmer untuk menentukan instruksi dalam kata-kata. bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang berkembang saat ini, seperti versi awal COBOL dan FORTRAN. Ini juga komputer pertama yang disimpan instruksi mereka dalam memori mereka, yang pindah dari drum magnetik untuk teknologi inti magnetik.

Komputer pertama dari generasi ini dikembangkan untuk industri energi atom.

3.  Generasi Ketiga 1964 - 1971 (Integrated Circuit)

 

 Perkembangan sirkuit terintegrasi adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Transistor yang miniatur dan ditempatkan pada chip silikon, yang disebut semikonduktor, yang secara drastis meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer.

Sebuah unsur kimia non logam dalam keluarga karbon dari elemen. Silicon - atom simbol "Si" - adalah unsur yang paling melimpah kedua di kerak bumi, hanya dilampaui oleh oksigen. Silicon tidak terjadi tanpa gabungan di alam. Pasir dan hampir semua batuan mengandung silikon dikombinasikan dengan oksigen, membentuk silika. Ketika silikon menggabungkan dengan unsur-unsur lain, seperti besi, aluminium atau kalium, silikat terbentuk. Senyawa silikon juga terjadi di atmosfer, perairan alami, banyak tanaman dan dalam tubuh beberapa hewan.

Silicon adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat chip komputer, transistor, dioda silikon dan sirkuit elektronik lainnya dan perangkat beralih karena struktur atom yang membuat elemen semikonduktor yang ideal. Silicon umumnya diolah, atau dicampur, dengan unsur-unsur lain, seperti boron, fosfor dan arsenik, untuk mengubah sifat konduktif.

Sebuah chip adalah sepotong kecil material konduktor setengah (biasanya silikon) yang sirkuit terpadu tertanam. Sebuah chip khas adalah kurang dari ¼-square inci dan dapat berisi jutaan komponen elektronik (transistor). Komputer terdiri dari banyak chip ditempatkan pada papan elektronik yang disebut papan sirkuit tercetak. Ada berbagai jenis chip. Misalnya, CPU chip (juga disebut mikroprosesor) berisi unit pengolahan seluruh, sedangkan chip memori berisi memori kosong.

Semikonduktor adalah bahan yang bukan konduktor listrik yang baik (seperti tembaga) atau insulator yang baik (seperti karet). Bahan semikonduktor yang paling umum adalah silikon dan germanium. Bahan-bahan ini kemudian diolah untuk membuat kelebihan atau kekurangan elektron.

chip komputer, baik untuk CPU dan memori, terdiri dari bahan semikonduktor. Semikonduktor memungkinkan untuk miniaturirasi komponen elektronik, seperti transistor. Tidak hanya miniaturisasi berarti bahwa komponen mengambil banyak ruang, itu juga berarti bahwa mereka lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit energi.

Alih-alih kartu menekan dan hasil cetak, pengguna berinteraksi dengan komputer generasi ketiga melalui keyboard dan monitor dan dihubungkan dengan sistem operasi, yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berbeda pada satu waktu dengan sebuah program utama yang memonitor memori. Komputer untuk pertama kalinya menjadi diakses oleh khalayak massa karena mereka lebih kecil dan lebih murah dari pendahulunya.

4. Generasi Keempat 1971 - Sekarang (Microproccesor)


 Mikroprosesor membawa generasi keempat dari komputer, saat ribuan sirkuit terpadu kami terus membangun ke sebuah chip silikon tunggal. Sebuah chip silikon yang berisi CPU. Dalam dunia komputer pribadi, istilah mikroprosesor dan CPU digunakan secara bergantian. Di jantung dari semua komputer pribadi dan paling workstation duduk mikroprosesor. Mikroprosesor juga mengontrol logika hampir semua perangkat digital, dari radio jam untuk bahan bakar injeksi sistem untuk mobil.

Tiga karakteristik dasar membedakan mikroprosesor:

  • Instruction Set: The set of instructions that the microprocessor can execute.
  • Bandwidth: The number of bits processed in a single instruction.
  • Clock Speed: Given in megahertz (MHz), the clock speed determines how many instructions per second the processor can execute. 
Dalam kedua kasus, semakin tinggi nilai, semakin kuat CPU. Sebagai contoh, sebuah mikroprosesor 32-bit yang berjalan pada 50MHz lebih kuat daripada 16-bitmicroprocessor yang berjalan pada 25MHz.

Apa yang pada generasi pertama diisi seluruh ruangan sekarang bisa muat di telapak tangan. Intel 4004chip, dikembangkan pada tahun 1971, terletak semua komponen komputer - dari central processing unit dan memori untuk input / output kontrol - pada satu chip.

Singkatan dari central processing unit, dan diucapkan sebagai huruf terpisah. CPU adalah otak dari komputer. Kadang-kadang disebut hanya sebagai prosesor atau prosesor pusat, CPU adalah tempat yang paling perhitungan berlangsung. Dalam hal daya komputasi, CPU adalah elemen yang paling penting dari sebuah sistem komputer.

Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit. Pada komputer pribadi dan workstation kecil, CPU ditempatkan dalam sebuah chip tunggal yang disebut mikroprosesor.

Dua komponen khas CPU adalah:
  • Arithmatic Logic Unit (ALU), yang melakukan operasi aritmatika dan logika.
  • Unit kontrol, yang ekstrak instruksi dari memori dan decode dan mengeksekusi mereka, menyerukan ALU bila diperlukan.
  
Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan komputer pertama untuk pengguna rumah, dan pada tahun 1984 Apple memperkenalkan Macintosh. Mikroprosesor juga pindah dari ranah komputer desktop dan ke dalam berbagai bidang kehidupan karena semakin banyak produk sehari-hari mulai menggunakan mikroprosesor.

Seperti komputer kecil menjadi lebih kuat, mereka bisa dihubungkan bersama untuk membentuk jaringan, yang akhirnya menyebabkan perkembangan Internet. komputer generasi keempat juga melihat perkembangan GUI, mouse dan perangkat genggam

5. Generasi Kelima Sekarang - Masa Depan (Artificial Intelligence)


 perangkat komputasi generasi kelima, berdasarkan kecerdasan buatan, masih dalam pengembangan, meskipun ada beberapa aplikasi, seperti pengenalan suara, yang sedang digunakan saat ini.

Artificial Intelligence adalah cabang dari ilmu komputer yang bersangkutan dengan membuat komputer berperilaku seperti manusia. Istilah ini diciptakan pada tahun 1956 oleh John McCarthy di Massachusetts Institute of Technology. kecerdasan buatan meliputi:
  •    Game : pemrograman komputer untuk bermain game seperti catur dan catur
  •   Sistem Pakar : pemrograman komputer untuk membuat keputusan dalam situasi kehidupan nyata (misalnya, beberapa sistem pakar membantu dokter mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala)
  •  Bahasa alami : pemrograman komputer untuk memahami bahasa manusia alami
  •   Jaringan saraf : Sistem yang mensimulasikan kecerdasan dengan mencoba untuk mereproduksi jenis koneksi fisik yang terjadi di otak hewan.
  •   Robotika : pemrograman komputer untuk melihat dan mendengar dan bereaksi terhadap rangsangan sensorik lainnya  
Saat ini, tidak ada komputer menunjukkan kecerdasan buatan penuh (yaitu, dapat mensimulasikan perilaku manusia). Kemajuan terbesar terjadi di bidang game bermain. Program catur komputer terbaik sekarang mampu mengalahkan manusia. Pada Mei 1997, IBM super-komputer yang disebut Deep Blue mengalahkan juara dunia catur Gary Kasparov dalam pertandingan catur.
Di bidang robotika, komputer ini sudah banyak digunakan di pabrik perakitan, tetapi mereka hanya mampu tugas-tugas yang sangat terbatas. Robot mengalami kesulitan besar mengidentifikasi objek berdasarkan penampilan atau merasa, dan mereka masih bergerak dan menangani benda kikuk.

pengolahan alam-bahasa menawarkan potensi manfaat terbesar karena akan memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan komputer tanpa perlu pengetahuan khusus. Anda hanya bisa berjalan ke komputer dan berbicara dengan itu. Sayangnya, pemrograman komputer untuk memahami bahasa alami telah terbukti lebih sulit daripada yang diperkirakan. Beberapa sistem terjemahan dasar yang menerjemahkan dari satu bahasa manusia lain yang ada, tetapi mereka tidak sebagus penerjemah manusia.

Ada juga suara sistem pengenalan yang dapat mengkonversi suara yang diucapkan dalam kata-kata tertulis, tetapi mereka tidak mengerti apa yang mereka tulis; mereka hanya mengambil dikte. Bahkan sistem ini cukup terbatas - Anda harus berbicara perlahan dan jelas.

Pada awal 1980-an, sistem pakar diyakini mewakili masa depan kecerdasan buatan dan komputer pada umumnya. Untuk saat ini, bagaimanapun, mereka belum tinggal sampai dengan harapan. Banyak sistem pakar membantu para ahli manusia di bidang-bidang seperti kedokteran dan teknik, tetapi mereka sangat mahal untuk memproduksi dan membantu hanya dalam situasi khusus.

Hari ini, daerah terpanas kecerdasan buatan adalah jaringan saraf, yang terbukti sukses dalam Banyaknya disiplin ilmu seperti pengenalan suara dan pengolahan alam-bahasa.

Ada beberapa bahasa pemrograman yang dikenal sebagai bahasa AI karena mereka digunakan hampir secara eksklusif untuk aplikasi AI. Dua yang paling umum adalah LISP dan Prolog.

 Pengenalan Suara (Voice Recognition)

 

 Bidang ilmu komputer yang berkaitan dengan merancang sistem komputer

yang dapat mengenali kata-kata yang diucapkan. Perhatikan bahwa pengenalan suara menyiratkan hanya bahwa komputer dapat mengambil dikte, bukan bahwa ia mengerti apa yang dikatakan. Memahami bahasa manusia berada di bawah bidang yang berbeda dari ilmu komputer yang disebut pengolahan bahasa alami. Sejumlah sistem pengenalan suara yang tersedia di pasar. Yang paling kuat dapat mengenali ribuan kata-kata. Namun, mereka umumnya memerlukan sesi pelatihan diperpanjang selama sistem komputer menjadi terbiasa dengan suara tertentu dan sistem accent.Such dikatakan tergantung speaker.

Banyak sistem juga mengharuskan pembicara berbicara perlahan dan jelas dan memisahkan setiap kata dengan jeda singkat. Sistem ini disebut sistem pidato diskrit. Baru-baru ini, langkah besar telah dibuat dalam sistem pidato terus-menerus - suara sistem pengenalan yang memungkinkan Anda untuk berbicara secara alami. Sekarang ada beberapa sistem kontinu-speech tersedia untuk komputer pribadi.

Karena keterbatasan mereka dan biaya tinggi, sistem pengenalan suara secara tradisional telah digunakan hanya dalam beberapa situasi khusus. Misalnya, sistem tersebut berguna dalam kasus ketika pengguna tidak dapat menggunakan keyboard untuk memasukkan data karena tangan nya ditempati atau dinonaktifkan. Alih-alih mengetik perintah, pengguna hanya dapat berbicara ke headset. Semakin Namun, sebagai biaya berkurang dan meningkatkan kinerja, sistem pengenalan suara memasuki arus utama dan sedang digunakan sebagai alternatif untuk keyboard.

Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor membantu untuk membuat kecerdasan buatan kenyataan. pemrosesan paralel adalah penggunaan simultan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program. Idealnya, pemrosesan paralel membuat program berjalan lebih cepat karena ada lebih banyak mesin (CPU) menjalankannya. Dalam prakteknya, seringkali sulit untuk membagi program sedemikian rupa bahwa CPU yang terpisah dapat mengeksekusi bagian yang berbeda tanpa mengganggu satu sama lain.

Sebagian besar komputer hanya memiliki satu CPU, tetapi beberapa model memiliki beberapa. Bahkan ada komputer dengan ribuan CPU. Dengan komputer single-CPU, adalah mungkin untuk melakukan pemrosesan paralel dengan menghubungkan komputer dalam jaringan. Namun, jenis pemrosesan paralel membutuhkan software yang sangat canggih yang disebut perangkat lunak pengolah didistribusikan.

Perhatikan bahwa pemrosesan paralel berbeda dari multitasking, di mana satu CPU mengeksekusi beberapa program sekaligus.

pemrosesan paralel juga disebut komputasi paralel.

komputasi kuantum dan molekuler dan nano-teknologi secara radikal akan mengubah wajah komputer di tahun-tahun mendatang. Pertama kali diusulkan pada 1970-an, komputasi kuantum bergantung pada fisika kuantum dengan mengambil keuntungan dari sifat fisika kuantum tertentu atom atau inti yang memungkinkan mereka untuk bekerja sama sebagai bit kuantum, atau qubit, menjadi prosesor komputer dan memori. Dengan berinteraksi dengan satu sama lain ketika sedang terisolasi dari lingkungan eksternal, qubit dapat melakukan perhitungan tertentu secara eksponensial lebih cepat daripada komputer konvensional.

Qubit tidak bergantung pada sifat biner tradisional komputasi. Sementara komputer tradisional mengkodekan informasi ke bit menggunakan angka biner, baik 0or 1, dan hanya dapat melakukan perhitungan pada satu set nomor sekaligus, komputer kuantum mengkodekan informasi sebagai rangkaian negara kuantum-mekanis seperti arah spin elektron atau orientasi polarisasi dari foton yang mungkin mewakili 1 atau 0, mungkin merupakan kombinasi dari dua atau mungkin mewakili sejumlah mengungkapkan bahwa keadaan qubit adalah suatu tempat antara 1 dan 0, atau superposisi dari banyak nomor yang berbeda sekaligus. Sebuah komputer kuantum dapat ndak sembarangan reversibel perhitungan klasik di semua nomor secara bersamaan, yang sistem biner tidak dapat dilakukan, dan juga memiliki beberapa kemampuan untuk menghasilkan interferensi antara berbagai nomor yang berbeda. Dengan melakukan perhitungan pada banyak nomor yang berbeda sekaligus, kemudian campur hasil untuk mendapatkan jawaban tunggal, sebuah komputer kuantum memiliki potensi untuk menjadi jauh lebih kuat daripada komputer klasik dari size.In yang sama hanya menggunakan unit pengolahan tunggal, komputer kuantum secara alami dapat melakukan operasi segudang secara paralel.

komputasi kuantum yang tidak cocok untuk tugas-tugas seperti pengolah kata dan email, tetapi sangat ideal untuk tugas-tugas seperti kriptografi dan pemodelan dan pengindeksan database yang sangat besar.

Nanoteknologi adalah bidang ilmu yang tujuannya adalah untuk mengontrol atom dan molekul individu untuk menciptakan chip komputer dan perangkat lain yang ribuan kali lebih kecil dari teknologi saat ini izin. proses manufaktur saat ini menggunakan litografi untuk menanamkan sirkuit pada bahan semikonduktor. Sementara litografi telah meningkat secara dramatis selama dua dekade terakhir - ke titik di mana beberapa pabrik manufaktur dapat menghasilkan sirkuit yang lebih kecil dari satu mikron (1.000 nanometer) - masih berkaitan dengan agregat juta atom. Hal ini secara luas diyakini bahwa litografi cepat mendekati batas fisik. Untuk melanjutkan mengurangi ukuran semikonduktor, teknologi baru yang menyulap atom individu akan diperlukan. Ini adalah dunia nanoteknologi.

Meskipun penelitian di bidang ini tanggal kembali ke pembicaraan klasik Richard P. Feynman pada tahun 1959, nanoteknologi istilah pertama kali diciptakan oleh K. Eric Drexler 1986 di Mesin kitab Penciptaan.

Dalam pers populer, nanoteknologi istilah kadang-kadang digunakan untuk mengacu pada setiap proses sub-mikron, termasuk litografi. Karena itu, banyak ilmuwan mulai menggunakan nanoteknologi molekul jangka ketika berbicara tentang nanoteknologi benar pada tingkat molekuler.

Tujuan dari komputasi generasi kelima adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon input bahasa alami dan mampu belajar dan self-organisasi.

Berikut bahasa alami berarti bahasa manusia. Misalnya, Inggris, Perancis, dan Cina adalah bahasa alami. bahasa komputer, seperti FORTRAN dan C, tidak.

Mungkin satu masalah yang paling menantang dalam ilmu komputer adalah untuk mengembangkan komputer yang bisa mengerti bahasa alami. Sejauh ini, solusi lengkap untuk masalah ini telah terbukti sulit dipahami, meskipun banyak kemajuan telah dibuat. bahasa generasi keempat adalah bahasa pemrograman yang paling dekat dengan bahasa alami.

 

1. Pemasukan (Input)

Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses.

2. Pemrosesan (Process)

Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.

3.  Pengeluaran (Output)

Pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor. Yang termasuk dalam peralatan output disini adalah, monitor, projector, printer, dll.

4. Penyimpanan (Storage)

Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Jadi, data mentah yang telah diproses tadi dapat disimpan pada media penyimpanan (Storage device) agar nantinya bisa digunakan kembali sewaktu-waktu apabila ingin mencetak data tersebut.
Pada gambar terlihat dua anak panah yang saling berlawanan arahnya, ini menunjukan bahwa data dapat disimpan dan diambil kembali jika dibutuhkan untuk keperluan pengolahan data.
Sebenarnya, pengolahan data ini tidaklah memiliki ujungnya. Terbukti, dari informasi yang didapat dari data yang diolah sebelumnya, masih bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah informasi yang lebih bermanfaat lagi.

Kesimpulan

Dari artikel diatas semoga kita menjadi lebih tau dengan apa itu komputer dan bagaimana perkembangannya dari generasi ke generasi dan dari komputer generasi pertama sampai komputer generasi ke empat.

Referensi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Komputer dan Perkembangannya"

Post a Comment